WARANI INSTITUTE Gelar Dialog Kebudayaan Dan Tudang Sipulung

0
66
views

Garis-tengah.com – Warani Institute menggelar Dialog dan Tudang Sipulung dengan tema “Pemuda dan Kebudayaan” bertempat di Warkop 115 Toddopuli Makassar, Senin (1/5). Acara ini digelar sebagai rangkaian pra launching organisasi yang didirikan pada tanggal 8 Februari 2017 tersebut. Kegiatan yang dihadiri sekitar 100 undangan dari berbagai organisasi ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Yusran Sofyan serta budayawan Sulsel, Asmin Amin.

Salah seorang pembicara, Asmin Amin menguraikan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan yang mesti dijaga seperti budaya siri’na pacce yang mulai tergerus oleh pengaruh-pengaruh dari luar. Sedangkan pembicara lainnya, Yusran Sofyan memaparkan peranan pemuda dalam menjaga nilai-nilai kebudayaan sebagai identitas suatu bangsa.

“Pemuda adalah tameng yang harus proaktif menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Pemuda harus berada di garda terdepan dalam melawan hegemoni asing yang selama ini merusak tatanan kebudayaan kita.” tegasnya.

Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas

Sementara itu Ketua Umum Warani Institute, Muh. Ferdhiyadi mengemukakan tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai upaya untuk menyamakan persepsi sesama pemuda terhadap upaya-upaya yang mesti dilakukan dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan.

“Ini tentunya sebagai upaya mengajak pemuda untuk turut berpartisipasi aktif dalam menjaga nilai budaya dan kearifan lokal kita.” tuturnya.

Sekedar diketahui, Warani Institute adalah organisasi yang bergerak dalam bidang sosial budaya dan literasi, dimana sasarannya adalah bagaimana mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam bidang kajian sosial budaya berbasis referensi kearifan lokal serta kajian literatur dan pelatihan penerbitan buku.

 

Citizen Reporter: Rizal