Tim Dosen Arsitektur UMI Melakukan Kegiatan Pengabdian dan Literasi

0
19
views
Foto Tim Dosen PkMD bersama dengan 216Care dan Komunitas Jalur Dua Makassar. (Foto:Ist).

Garis-tengah.com – Makassar, Dalam pelaksanaannya Tim Dosen PkMD ini bekerjasama dengan 216 Care dan Komunitas Jalur Dua Makassar.

TK. Harapan Kodingareng  sebagai mitra pada program pengabdian kali ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal Senin-Selasa (24-25 Desember 2018).

Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi guru-guru sukarela dan anak didiknya akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini yang ada pulau Kodingareng khususnya dan kecamatan kepulauan Sangkarrang umumnya.

 TK.Harapan Kodingareng ini didirikan dengan modal semangat oleh seorang guru honorer di salah satu sekolah negeri yang ada di pulau itu. Beliau adalah Gaffar seorang anak muda lulusan Sarjana Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Makassar berjuang untuk membangkitkan semangat belajar bagi anak usia dini dipulau Kodingareng untuk tetap bersekolah.

Dengan bermodalkan semangat yang besar dengan dukungan finansial yang sangat terbatas beliau berhasil memperoleh izin dari Dinas Pendidikan kota Makassar untuk melakukan kegiatan tersebut bahkan bukan saja untuk anak usia dini tapi beliau juga membentuk PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang diperuntukkan bagi Remaja dan Orang dewasa yang ingin membaca dan belajar dalam segala hal.

Murid-murid yang belajar di TK.Harapan Kodingareng  tidak dipungut biaya. Melainkan Sukarela saja berupah infaq dan jumlah nya pun tidak ditentukan oleh TK tersebut.

Atas dasar informasi awal inilah Tim 216 Care menyarankan dan mengajak  Tim Dosen PkMD Arsitektur UMI melakukan kegiatan pengabdian di Taman kanak-kanak Harapan Kodingareng ini dan bekerjasama dengan Komunitas Jalur Dua Makassar.

Apresiasi dan ekspektasi yang tinggi diberikan oleh Gaffar selaku kepala sekolah TK.Harapan kepada Andi Muhammad Ikhsan selaku Leader Program beserta timnya yang bekerjasama dan berjuang mengarungi lautan dengan cuaca yang sangat ekstrim demi untuk pendidikan anak anak dipulau ini. Dan juga tidak lupa beliau sampaikan ucapan terima kasih banyak kepada PT. Penerbit Erlangga atas Donasi Buku nya, dan berharap Program ini tetap berkelanjutan.

Gaffar selaku Kepala Sekolah mengatakan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terima kasih kepada kakanda ikhsan beserta tim dan PT penerbit Erlangga atas donasi bukunya. Semoga kegiatan seperti ini berlanjut dan tidak berhenti sampai disini.

 Andi Muhammad Ikhsan menuturkan program Aksi Sosial ini baru permulaan, donasi buku yang kami berikan tentunya harus berlanjut di donasi-donasi lain nya, seperti Sarana dan prasarana belajar (meja, kursi, ruang baca, ruang tunggu) yang nyaman buat para orang tua, serta arena bermain yang cukup aman. Kami pun berharap ada yang mengikuti jejak kami di pulau Kodingareng Lompo untuk memperhatikan pendidikan anak usia dini.(*)

(*)Citizen Reporter : Abd. Malik Rauf