Si Manis,  Ciptaan 4 Mahasiswa UNM

0
68
views

Garis-tengah.com – 4 Mahasiswa UNM Menciptakan Si Manis. Yang dimana merupakan kepanjangan dari Sistem Monitoring dan Notifikasi pemakaian energi listrik. Dengan Tujuan agar dapat mempermudah pengiriman informasi data pemakaian energi listrik yg lebih akurat tanpa harus mendatangi objeknya, mampu memudahkan pemantauan dan memberikan pemberitahuan tentang pemakaian daya listrik terpakai

Adapun 4 Mahasiswa tersebut ialah Ahsan Taqwim Salam selaku Ketua kelompok dari  Pend. Teknik Elektro. dan Anggotanya adalah  Nur Alam Fajar pend. Teknik elektro, Zainuddin pend. Teknik informatika dan komputer, Mawaddah Warahma pendidikan teknik elektronika.

Si Manis yang Mereka ciptakan memiliki Kelebihan yaitu dapat membantu proses perhitungan pemakaian daya listrik terpakai secara efektif dan efisien dalam waktu yg lebih singkat dan menghemat tenaga dibandingkan proses perhitungan daya listrik terpakai saat ini yg masih manual, mulai dari kedatangan petugas pencatat hingga melakukan perhitungan dri hasil pencatatannya. Ini jg dapat mengurangi kekeliruan pembacaan data yg dapat mengakibatkan kesalahan data sehingga tetap menjaga kepercayaan pengguna jasa. Sedangkan Kekurangannya:adalah jarak jangkauan pengiriman datanya masih rendah.

Dikonfirmasi memalui vi mobile Ahsan Taqwin Salam Mengatakan Bahwa Si manis ini merupakan karya sementara terdaftar sebagai salah satu Program Kreatifitas Mahasiswa Karsa Cipta yang mendapat dana hibah dari dikti.

“Kami mendapat inspirasi dari perkembangan teknologi komunikasi jarak jauh nirkabel atau sistem telemetri yg semakin hari semakin membaik. Ujar Mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2012 ini.

Pembuatan alat ini membutuhkan persiapanyang sangat panjang,  alat dan bahan harus sesuai dengan spesifikasi perancangan lalu selanjutnya dilakukan desain awal pada setiap komponen baik hardware maupun software. Setelah itu dilakukan cek fungsional desain awal perancangan sistem untuk mengetahui semua komponen berfungsi sesuai apa yg diharapkan atau tidak. Apabila semua sduah berjalan sesuai fungsinya barulah dilakukan instalasi perancangan dri setiap komponen. Tahap akhir dri pembuatannya yaitu melakukan uji coba rancangan , apabila terjadi kesalahan atau error maka akan dilakukan pengecekan kembali.

Kendala: pengumpulan beberapa alat dan bahan yg harus dipesan dari luar daerah sehingga memerlukan proses yg cukup lama, proses pembuatan desain GUI dan kWh mikrokontroller yg cukup rumit.

Latar belakang : Proses pencatatan dan perhitungan pemakaian emergi listrik rumah tangga yg dirasa kurang efektif dan efisien krn memerlukan banyak waktu, tenaga dan bahkan keakuratan pembacaan data krn masih manual dan tdk uptodate.

Adapun Cara kerja dari alat ini ialah memantau data dan mengirim perintah ke  kWh mikrokontroller untuk selanjutnya perintah tersebut di proses oleh mikrokontroller. Komunikasi dari grapichal user interface dan kWh mikrokontroller ini memanfaatkan teknologi telemetri sebagai sarana komunikasi. Lalu hasil dari proses yg dilakukan mikrokontroller pada kWh akan ditampilkan pada graphical user interface di personal computer server.