Peringati HARDIKNAS, KMS UNM Bekerja Sama Dengan Komunitas Ruang Abstrak Literasi Gelar Donasi Buku

0
69
views
Garis-tengah.com – Menurut UUD 1945, pendidikan sejatinya adalah hak semua warga negara Indonesia tanpa melihat golongan dan status sosial. Meskipun demikian, dewasa ini terdapat banyak masalah pendidikan mulai dari terbatasnya sarana dan prasarana sekolah sampai pada akses pendidikan yang belum merata.
Hal inilah yang mendorong Kesatuan Mahasiswa Sinjai Universitas Negeri Makassar (KMS UNM) bekerja sama dengan komunitas Ruang Abstrak Literasi melakukan donasi buku untuk anak-anak di Kawasan Pantai Marbo Tallo, Kota Makassar, Rabu (3/5). Kegiatan donasi buku ini ditujukan kepada anak-anak binaan komunitas Ruang Abstrak Literasi yang sejak beberapa bulan terakhir telah menggelar lapak buku gratis rutin setiap minggunya.
Ketua Umum KMS UNM, Andi Baso Husain mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari cara KMS UNM memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).
“Pada momen Hardiknas ini, kami mau menunjukkan bahwa pendidikan itu bukan lagi menjadi tanggung jawab pihak tertentu saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Pendidikan juga harus mampu diakses oleh semua kalangan. Harapannya semoga kedepan dengan buku yang kami donasikan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat terutama anak-anak di kawasan Pantai Marbo ini untuk dijadikan sumber ilmu pengetahuan.” tuturnya.
Sementara itu salah seorang pengelola komunitas Ruang Abstrak Literasi, Habibi Hardiansyah Haruna menjelaskan bahwa langkah-langkah kecil seperti ini seyogyanya harus tetap ditumbuhkan sebagai bentuk kepedulian sosial generasi muda, terutama dalam mengembangkan sektor pendidikan.
“Dengan adanya tambahan donasi buku ini, saya berharap lapak baca setiap minggunya di kawasan ini akan lebih ramai dan mampu menularkan ilmu pengetahuan baru kepada mereka.” ujarnya.
Kegiatan donasi buku ini sendiri selain dihadiri oleh pengurus KMS UNM dan pengelola komunitas Ruang Abstrak Literasi, turut hadir beberapa tokoh masyarakat dan anak-anak di kawasan tersebut.
Citizen Reporter: Rizal
Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas