Peringati 1 Tahun Kebijakan D.O Oleh Rektor UIM. “Kami Masih Melawan”

0
79
views

Garis-Tengah.com – Jum’at 17 Februari 2017 sekitar pukul 21.00 wita, Aliansi mahasiswa bersatu tolak SK DO mengadakan malam 1000 lilin dalam rangka memperingati 1 tahun kebijakan Drop Out 3 mahasiswa UIM oleh Rektor UIM 3 periode. 3 mahasiswa itu adalah Bakrisal Rospa, Henry Foord Jebes, dan Dzulhilal, ketiganya berasal dari Fakultas Teknik. Aksi ini digelar di pelataran Fly Over Makassar, yang dihadiri oleh beberapa organisasi seperti Front Mahasiswa Nasional, BEM FT UIM, GRD, dan UPPM UMI.

Usman (FMN) selaku jendlap mengatakan bahwa kampanye ini dilakukan agar masyarakat tahu bagaimana kondisi pendidikan hari ini, fasisme dalam kampus bukanlah sesuatu hal baru atau tabu bagi pendidikan di Indonesia termasuk di Makassar, mahasiswa yang mempunyai daya kritis terhadap kampus langsung dibungkam tanpa ampun. Dalam hasil PTUN tertanggal 8 November 2016 yang memenangkan 3 mahasiswa terhadap kasus DO yang dilakukan rektor, serta pengembalian hak kemahasiswaan 3 orang mahasiswa yang di DO. Kemudian rektor mengajukan banding atas keputusan tersebut. Menurutnya PTUN tak bisa mengintervensi dalam pengangkatan rektor.

Melalui kampanye yang dihadiri oleh sekitar 50 orang massa mahasiswa diharapkan masyarakat terkhusus para petinggi kampus dan pemerintah dapat mengetahui dan menindaklanjuti permasalahan yang dialami oleh 3 mahasiswa yang di DO tersebut. Karena sampai saat ini, mahasiswa-mahasiswa tersebut belum tahu bagaimana nasibnya di negeri setengah jajahan setengah feodal ini.

Aulia Qur’ani Saleh