Perdana, Mahasiswa KKN PPL XVII UNM SMKN Campalagian Mengadakan PENSI

0
94
views
Penampilan Tari dari salah satu peserta lomba menari di kegiatan Pentas Seni SMKN Campalagian. (Foto:ist)

Garis-tengah.com – Polman, Mahasiswa KKN PPL XVII UNM SMKN Campalagian, Kab.Polewali mengadakan kegiatan Pentas Seni (PENSI). Mengangkat tema Seni Adalah Dirimu Maka Kenalilah Dirimu.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (17-18 November 2018) tapi sangat diminati Siswa-siswi sekolah Smkn Campalagian.Hal tersebut dilihat dari banyaknya siswa yang ikut dalam pentas itu dengan penuh antusias. Adapun beberapa rangkaian acara pada kegiatan itu diantaranya. Lomba Menari, Teater, Nyanyi Solo, dan Baca Puisi.

Agenda acara yang sebenarnya hanya direncanakan berjalan sehari saja. Namun karena banyaknya siswa yang ikut menjadi peserta menjadi alasan dilaksanakannya selama dua hari.

Pentas Seni juga bersifat umum, masyarakat sekitar Kab. Polewali turut meramaikan karena ini adalah kegiatan yang pertama kali terlaksana di sekolah tersebut. Turut hadir juga orang tua para peserta untuk melihat putra putrinya tampil diatas panggung dengan berbagai macam lomba yg diikuti.

Lebih dari 1000 orang yang tergabung dari peserta dan penonton memadati lingkup pelataran sekolah. Kami pula melihat mereka sangat terhibur pada penampilan siswa-siswi yang begitu menarik dan elok.

Sekolah ini terdiri dari empat jurusan yaitu, Teknik Jaringan dan komunikasi, Teknik kendaraan Ringan, Busana Butik dan Administrasi Perkantoran. Masing-Masing jurusan memiliki perwakilan yang ikut dalam beberapa jenis lomba yang ada.

Salah satu penampilan peserta dalam kegiatan Pentas Seni SMKN Campalagian. (Foto: Ist).

Pada kegiatan kali ini, yang dimana menjadi salah satu program kerja Mahasiswa KKN SMKN Campalagian sangat direspon positif oleh Sainuddin S.Pd selaku kepala sekolah dan juga seluruh jajaran tenaga pengajar yang ada.

Abrianto Yasin selaku guru Bahasa Indonesia sekaligus salah satu juri pada kegiatan kali ini mengatakan sangat luar biasa dan mengucapkan terimakasih penuh kepada teman-teman Mahasiswa KKN-PPL XVII UNM.

“Ini adalah event yang luarbiasa, dan sebagai pembina seni di sekolah berupaya melakukan event-event seperti ini tapi kalian mampu untuk lakukan event tersebut. Selanjutnya juga mengenai kegiatan ini mencari bibit regenerasi untuk di sekolah untuk pementasan-pementasan di kabupaten maupun provinsi. ucapan luar biasa tentu kami dari sekolah ucapkan kepada teman-teman mahasiswa”, ungkap sosok yang selalu disapa dengan Abi itu dan sekaligus sebagai guru pembina seni.

Baca Juga :  WALHI Sulsel: Pemerintah Kota Makassar Gagal Atasi Banjir

Selaku Pimpinan tertinggi pada struktur jabatan disekolah, Sainuddin mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Mahasiswa KKN PPL XVII UNM SMKN Campalagian pada saat sambutan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Pentas Seni karena telah melaksankan kegiatan seperti ini yang sangat berdampak baik bagi anak-anak didiknya.

“Mengenai pentas seni saya sangat berterimah kasih dan bersyukur kepada Allah SWT, dimana adik-adik sekalian berhasil menggali bakat-bakat anak saya, jadi baru kali ini saya mengetahui bahwa selama ini ternyata banyak sekali bakat terpendam. Selama ini saya tidak tahu itu kalau anak-anak saya bisa menari kalau menyayi saya sudah tahu, tetapi yang menari ini yang saya ini”, ujar sosok alumni IKIP ini.

Para penonton kegiatan Pentas Seni SMKN Campalagian Kab. Polman. (Foto: Ist).

Lebih lanjut diungkapkan Kepala SMKN Campalagian bahwa khusus menari yang saya garis bawahi karena beberapa acara-acara yang mau memperlombakan tari saya angkat tangan duluan saya bilang tidak ada, padahal ternyata setelah, saya berterimah kasih karena kita sudah melakukan pembinaan, setelah melakukan pembinaan ternyata hasilnya ada tercipta 10 lebih grup, 10 lebih penari yang ada dan itu dalam satu keberhasilan anda karena tidak merepotkan sekolah, dalam hal ini mereka sendiri yang membiayai dirinya untuk bisa tampil, baik dari aspek pakaiannya, makeup nya, jadi saya berkesimpulan bahwa anda sudah menemukan bakat-bakat terpendam di sekolah kami ini.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan, sebab kami melihat potensi dan minat siswa pada wilayah seni sangat mereka minati dan perlu dikembangkan lebih jauh lagi, mereka memiliki bakat yg besar pada hal ini.

Muh. Nur Ishak Iskandar, selaku ketua panitia pada acara PENSI mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk bagaimana kemudian adik2 siswa mampu mengembangkan kreativitasnya. “meningkatkan apresiasi dan kreativitas siswa. Melalui kegiatan ini pula siswa dapat mengembangkan dan mengeluarkan bakatnya.”, ujar mahasiswa BK angkatan 2015 itu.(*)

(*)Citizen Reporter : Awal Nugraha