Opini: E-Money, Bukti Pemanfaatan Teknologi di Indonesia

0
100
views
Dok. MOCH.ALIF YUALDI (Mahasiswa politeknik ATI makassar)

Opini, Garis-tengah.com – Teknologi merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan berbagai macam alat yang diperlukan untuk membantu bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan istilah ‘teknologi’ telah berubah secara cepat lebih dari 200 tahun terakhir.Istilah ini sudah biasa kita dengar dalam keseharian yang biasanya tertuju pada penggambaran atau pengkajian seni terapan dan pada abad ke-20 dengan bersamaannya revolusi industri ke-2 banyak manusia yang mulai melakukan pengkajian tentang alat terapan.

Menurut Ursula franklin dalam karyanya dari tahun 1989,”Real world of technology”,memberikan definisi lain tentang teknologi itu sendiri yakni teknologi merupakan cara kita membuat praktis semua di sekitaran sini. Istilah ini untuk merujuk teknologi tinggi atau sekedar elektronik konsumen.

Teknologi dapat di lihat sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan. Sebuah contoh modern bangkitnya teknologi adalah teknologi komunikasi dan elektronik,yang memperkecil hambatan bagi interaksi sesama manusia,dan sebagai hasilnya telah membantu melahirkan bagian-bagian kebudayaan baru seperti bangkitnya dunia maya yang berbasis pada perkembangan internet dan komputer.

Namun dalam sudut pandang yang lain yang berpendapat bahwa tidak semua teknologi memperbaiki budaya dalam cara yang baik,teknologi juga dapat membantu untuk mempermudah penindasan politik, itu salah satu pendapat yang kurang baik dalam pengembangan teknologi.

Teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Keberadaan teknologi berdampak cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi yang mencakup pengembangan teknologi. Demikian halnya dengan perkembangan teknologi berbasis komunikasi dan elektronik yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan,memproses, dan saling bertukar informasi. Seperti proses penciptaan telepon yang berawal dari keresahan manusia yang susah berkomunikasi jarak jauh sehingga lahirlah solusi terciptanya alat sederhana telepon.

Banyak instansi pemerintah atau swasta yang memanfaatkan kemajuan teknologi berbasis elektronik di masa sekarang, menurut kalian apa yang menyebabkan keadaan seperti itu dan sejak kapan kondisi itu terjadi?

Seperti pada saat ini kebutuhan akan teknologi sangat tinggi mulai dari golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Dan Salah satu BUMN (bank indonesia) telah mengeluarkan program yang memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini seperti “Uang elektronik”(E-money). E-money dapat di gunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran.

Apa perbedaan e-money dengan ATM?
Menurut deputi divisi pengawasan sistem pembayaran bank indonesia,Puji atmoko” memaparkan bahwa masyarakat harus bisa membedakan antara e-money dan ATM. E-money lebih di peruntukkan bagi transaksi dengan nilai kecil misal parkir dan membayar tol.

Berdasarkan data Alat pembayaran menggunakan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang dirilis Bank Indonesia pada akhir 2016 jumlah e-money yang beredar mencapai 51,2 juta kartu atau meningkat bila dibandingkan pada akhir tahun sebelumnya yang tercatat 34,3 juta kartu kemudian sejak awal tahun 2017 sampai dengan juli 2017 jumlah e-money juga mengalami peningkatan kemudian yang tercatat hingga akhir ini menjadi 69,4 juta kartu dan diperkirakan akan terus meningkat. Sementara dari total transaksi e-money juga mengalami keadaan positif. Per juli 2017 nilai transaksi e-money mencapai Rp.1,44 triliun atau terus meningkat bila di bandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Dimana pada januari 2017 nilai transaksi e-money hanya sebesar Rp.665,7 miliar.

Sedangkan dari sisi volume transaksi e-money juga menunjukkan peningkatan yang sangat berarti, tercatat pada juli 2017 volume transaksi mencapai 68,6 juta transaksi meningkat di banding pada bulan-bulan sebelumnya. Pada januari 2017 volume transaksi e-money hanya 58,4 juta transaksi.

Menurut saya, program yang di canangkan Bank Indonesia adalah salah satu pemanfaatan dalam dunia teknologi terbaru berbasis elektronik yang berfungsi untuk mempermudah  masyarakat dalam transaksi misal pembayaran parkir dan tol yang biasanya sulit mendapatkan uang dengan nominal yang kecil sehingga Bank Indonesia mengeluarkan program e-money.

Penulis : MOCH.ALIF YUALDI (Mahasiswa politeknik ATI makassar)