Nurdin Halid : Gerakan Koperasi Harus Tanggap Perubahan Zaman

0
48
views

Garis-tengah.com – Perubahan dunia dan tantangan ekonomi  yang semakin dinamis  telah mempengaruhi dunia bisnis. Tantangan ekonomi yang semakin kompleks seiring kemajuan  IT mengharuskan siapa saja untuk tanggap terhadap perubahan zaman. Demikian juga gerakan koperasi harus melakukan perubahan memperkuat organisasi dan usaha koperasi  agar tidak tertinggal dengan pelaku usaha lainnya.

Ketua umum Dekopin, HM. Nurdin Halid dalam pengantarnya dihadapan peserta rakernas Dekopin (21/2) di Makassar meminta pengurus dekopin dan insan koperasi untuk tanggap teradap perubahan zaman. ”Perlu terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan kinerja Dekopin, demikian juga seluruh fungsionaris harus mampu melakukan perubahan radikal seiring perubahan zaman juga yang sangat cepat,” ujarnya di Clarion Hotel Makassar, Selasa (21/2).

Dikatakannya, dalam merespon perubahan yang makin dinamis maka berbagai upaya akan ditempuh oleh Dekopin dan gerakan koperasi antara lain modernisasi manajemen, konsolidasi koperasi, mendorong kerjasama antar koperasi, selanjuya melakukan pembinaan koperasi dengan pendekatan bisnis.

Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas

“Modernisasi manajemen koperasi dengan mendorong koperasi lebih berkualitas, jangan hanya mendorong tumbuhnya koperasi, tetapi mendorong masyarakat sebagai anggota koperasi. Dekopin juga harus mendatangi semua koperasi dan megarahkan koperasi sesuai potensi yang dimilikinya serta melakukan evaluasi, monitoring dan tindakan.Kita juga mendorong kerjasama antar koperasi, sesuai potensi dan kebutuhan masing-masing daerah, “ urai Nurdin Halid.

Dalam tubuh gerakan koperasi harus dimodernisasi dan pengelolaannya profesionali tanpa meninggalkan jati diri koperasi.Pembinaan koperasi akan difokuskan dengan pendekatan bisnis.”Saya berharap Dekopin dapat mengoptimmalisasikan potensi bisnis anggota dan mampu mengelola bisnis berbasis  tenologi informasi. Saat ini eranya transapransi, sehingga  semua jajaran dekopin harus berubah, “tandasnya.

 

Citizen Reporter : Bahrul Ulum