Menperin : Koperasi Penggerak pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi

0
46
views

Garis-tengah.com – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan keperpihakannya dalam pengembangan koperasi. Dihadapan peserta Rakernas Dekopin ke-1 tahun 2017 di Clarion Hotel Makassar (22/2), Airlangga mengatakan pihaknya menjadikan koperasi sebagai mitra  terkait pengembangan industry kecil dan menengah (IKM).

“Kita berharap koperasi sebagai mesin perekonomian di tanah air  dengan memacu industry  jasa dan industry kecil menegah (IKM) dalam wadah koperasi, karena hanya wadah koperasi bukan sekedar penggerak pertumbuhan, namun juga sebagai alat pemerataan ekonomi, “tandasnya.

Karena itu pihaknya terus mendorong peran industry kecil dan menengah (IKM) mulai dari pelatihan, akses terhadap desain dan peralatan, akses pembiayaanmelalui KUR, fasiitasi digital ekonomi dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE).

Dalam rakernas Dekopin yang dihadiri ketua umum Dekopin, Nurdin Halid dan pengurus dekopiwil se-Indonesia, Airlangga Hartarto berharap peran koperasi dan IKM  bisa memanfaatkan moment perekonomian saat ini.  Dengan pertumbuhan ekonomi kisaran  5% dan  fundamental ekonomi yang cukup baik, saat ini adalah momentum yang tepat untuk ekonomi nasional bisa naik lagi pasca krisis.

“Saat ini merupakan moment yang bagus bagi peningkatan industri. Karena beberapa sektor industri sedang mengalami peningkatan permintaan di pasar nasiona maupun global. Beberapa industri itu antara lain industri makanan dan minuman (mamin), industri agro dan beberapa industri lainnya, “ujarnya

Karena itu menurutnya koperasi dan UKM memegang peran yang sangat penting memanfaatkan momen ini, jangan sampai tertinggal. Selain itu Arlangga menyampaikan juga upaya Kemenperin menyiapkan kemampuan tenaga kerja untuk mendukung peningkatan industry  serta mendorong UMKM mempunyai kualitas dan akses bahan baku.(bui)

 

Citizen Reporter : Bahrul Ulum