Menjadi Mitra BI, Trio Pabeta Indonesia Survei Database UMKM di Makassar

0
76
views

Garis-Tengah.com – Trio Pabeta Indonesia (TPI) sebagai konsultan swasta nasional di Makassar yang bergerak di bidang konsultan manajemen, riset, dan pelatihan menjadi mitra Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan dalam survei database UMKM.

Melalui Surat No. 19/914/Mks/Srt/B Bank Indonesia Sulsel menunjuk Trio Pabeta Indonesia sebagai pelaksana pekerjaan survei dalam rangka penyediaan databse profil UMKM tahun 2017 di kota Makassar.

Kegiatan survei ini sendiri telah dilaksanakan sejak tanggal 14 November 2017 dan berakhir pada tanggal 22 Desember 2017. Cakupan survey yang dilakukan antara lain data pokok pengusaha, kegiatan usaha, pemasaran, data supplier, data pelanggan, data pesaing dan aspek keuangan.Adapun ruang lingkup penelitian atau survei databse UMKM dengan mengumpulkan data 100 (seratus) profil UMKM yang dapat dibiayai oleh bank dan lembaga keuangan non bank di wilayah Kota Makassar; mendokumentasikan  hasil produk UMKM serta  data  entry  hasil  survei  lapangan  di  Sistem  Aplikasi   Input  Database  (BI-SAID).

Analis Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM BI Sulsel, Arum Dwi Jayanti mengatakan, pihaknya mendukung pengembangan UMKM lewat akses pembiayaan dari perbankan. Untuk mengakselerasi pembiayaan perbankan kepada sektor riil dan UMKM, Bank Indonesia melakukan survey profil UMKM yang tidak sedang mendapatkan pembiayaan perbankan, namun membutuhkan kredit/pembiayaan dalam rangka pengembangan usahanya.

Direktur Trio Pabeta Indonenasia (TPI), Salman Sahmad mengatakan, Pihaknya sangat mengapresiasi peran Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM, terutama mendorong percepatan fungsi intermediasi perbankan kepada sektor riil dan UMKM. “Penunjukan perusahaan Trio Pabeta Indonesia (TPI) sebagai mitra BI dalam survei UMKM merupakan salah  satu  bentuk komitmen  Bank  Indonesia  untuk penyediaan  informasi  dengan  mendiseminasikan database profil UMKM melalui website Bank Indonesia serta ke pihak perbankan,” katanya.