Mahasiswi UNM Olah Dangke Jadi Bakso

0
93
views

GARIS-TENGAH.COM, Makassar – Dangke merupakan makanan khas dari kabupaten enrekang yang merupakan hasil fermentasi susu sapi. pengolahan Dangke sendiri sebenarnya cukup simpel yaitu dengan merebus susu sapi, lalu ditambahkan garam dan sedikit getah  pepaya. Olahan yang telah direbus tadi lalu disaring untuk meniriskan air yang ada di dalamnya, kemudian dicetak di sebuah wadah yang biasanya terbuat dari batok kelapa. Biasanya dangke dijadikan makanan favorit pengganti lauk untuk masyarakat enrekang. Namun belakangan ini dangke mulai di olah oleh masyarakat enrekang menjadi makanan lain seperti kerupuk dan kue lainnya. namun berbeda dengan mahasiswi cantik ini yang mengolah dangke menjadi bakso.

Suriany Sukardi beserta empat rekannya berhasil mengolah bahan dasar ini (dangke) menjadi sebuah makanan yang dinamai BOKE (Bakso Dangke). Ide suriany  ini berawal ketika mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa yang diadakan oleh DIKTI.

Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas

“saya beserta empat teman saya dari Universita Negeri Makassar melakukan kegiatan membuat bakso di daerah saya, dimana kegiatan ini dilakukan dalam mengikuti program kreativitas mahasiswa oleh dikti” tutur Suriany Sukardi.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mendongkrak pendapatan masyarakat Enrekang dalam mengolah makanan khas Enrekang ini

“Masyarakat merespon baik dan mereka ingin mengembangkan produk kami ini ke tahap yg lebih serius dengan menjadikan produk ini sebagai peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Enrekang di tambah lagi bahan utamanya sendiri adalah dangke yaitu makan khas dari Enrekang itu sendiri.” Tuturnya lagi.

 

*Wahyudi