MAHASISWA UNM : SOLUSI LIMBAH PASAR SUNGGUMINASA DENGAN PEMBUATAN POC (PUPUK ORGANIK CAIR)

0
64
views

Garis-Tengah.com, Makassar – Lima Mahasiswa UNM memiliki ide kreatif dengan memanfaatkan limbah pasar menjadi bahan yang bermanfaat  , mereka ialah Muhammad Sulhan Sultamin, M Riyo Febrian N, Ogy Pratama, Fitri Amalia H dan Nurul Insani Zaenal.

Ide tersebut berasal dari keresahan teman-teman Mahasiswa UNM  kelompok PKM (Program Kretaivitas Mahasiswa) yang resah melihat limbah pasar Sungguminas Kab. Gowa yang terbuang dengan percuma.

Ketua kelompok PKM Muhammad Sulhan Sultamin yang merupakan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar mengatakan “ Kami melihat limbah pasar Sungguminasa ini tidak dimanfaatkan dan hanya dibuang percuma, padahal limbah yang dihasilkan cukup besar berkiasr 4- 5 Ton / Hari yang hampir keselurannya terdiri dari limbah Organik oleh karena itu kami ingin membuat pelatihan POC (Pupuk Organik Cair).

Baca Juga :  PKM 2018 Targetkan 10 Ribu Pengunjung

Lanjut M.Riyo.Febrian.N yang merupakan anggota kelompok bertugas sebagai Humas menambahkan “Alhamdulillah kegiatan kami di tesetujui oleh kemenristekdikti dengan judul Proposal Gowa Bersejarah (Bersih Sehat Dan Sejahtera) Dengan Pengolahan Limbah Buah Pasar Menjadi Poc (Pupuk Organik Cair) (Pemberdayaan Anak Pasar Putus Sekolah Kabupaten Gowa) jadi yang kami akan latih adalah anak-anak pasar yang putus sekolah.”

Rencananya kelompok PKM Mahasiswa UNM ini akan melatihkan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair ), Pengemasan , hingga Pemasaran. Pelatihan ini dapat menjadi ladang usaha bagi anak pasar sungguminasa Kabupaten Gowa secara berkelanjutan serta menjadi motivasi bagi masyarakat pasar dan sekitarnya