Mahasiswa UNM Kembangkan Aplikasi E-Guruku

0
73
views

Garis-tengah.com – Aplikasi E-Guruku adalah aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah pengelolaan administrasi pada lembaga les privat. Aplikasi ini dikembangkan oleh Tim PKM-T Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar yang diketuai oleh Eki Mudiati dan beranggotakan 4 mahasiswa PTIK lainnya yaitu St. Maryam Fadila Karima, Mutiara Mutmainnah, Marwana dan Mifahur Risky Jufri dengan judul PKM yaitu “Penerapan Teknologi Android Aplikasi E-Guruku pada Pengelolaan Les Privat”, yang dibimbing oleh Dr. Mustari Lamada, S.Pd., M.T.

Aplikasi ini akan diterapkan pada salah satu lembaga les privat yang ada di Makassar yaitu Ananda Privat. Pengembangan aplikasi ini dilakukan sejak Mei-Juli 2017 di Labolatorium PLC dan Mikrokontroller Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

 

“Sistem kerja atau alur dari aplikasi ini yaitu kami mengadopsi sistem kerja dari aplikasi Gojek yang telah ada. Yaitu tentor atau pengajar dapat mendaftarkan dirinya dengan menggunakan aplikasi android begitu juga dengan murid yang akan melaksakan les, sesuai dengan alamat yang diberikan”, jelas Eki. Lanjutnya, hal ini dapat mempermudah administrasi dari lembaga les privat tersebut tanpa harus datang langsung di tempat les privat tersebut.

Baca Juga :  Perdana, Mahasiswa KKN PPL XVII UNM SMKN Campalagian Mengadakan PENSI

“Aplikasi ini akan memberikan dampak positif bagi lembaga privat baik dari segi kemudahan administrasi maupun dari segi finansial”, ungkap Mustari Lamada sebagai pembimbing dari PKM ini.

Aplikasi ini diharapkan untuk kedepannya dapat diakses oleh kebanyakan orang baik itu di Makassar maupun di luar Makassar.

 

 

*Eki Mudiati

(Citizen Jurnalis)