Mahasiswa Fakultas Teknik UNM Terapkan Inovasi Rem Depan untuk Becak Motor

0
65
views

Garis-Tengah.com, Makassar – Empat mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil membuat inovasi baru yaitu penerapan sistem rem depan pada Becak Bermotor (Bentor). Sistem tersebut diterapkan kepada komunitas pengemudi Bentor di Kelurahan Samata, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa bulan April hingga Juni lalu. Ke empat mahasiswa itu adalah Aswan Isma sebagai ketua, Arif, Afni Slamet dan M. Arief sebagai anggota.

Ketua kelompok Aswan Isma mengatakan, selama ini bentor hanya menggunakan sistem rem belakang, sehingga mengundang bahaya bagi penumpang. Oleh karena itu, Aswan bersama temannya membuat inovasi baru.

“Solusi permasalahan ini belum diketahui masyarakat, sehingga kami melakukan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan,” katanya saat merealisasikan inovasi dari judul Pkm (Judul pkmnya) yang diluluskan oleh dikti.

Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas

Lanjut ia menambahkan, sistem rem cakram pada bentor ini bertujuan untuk mengombinasikan kinerja rem belakang dan rem depan. Sehingga dengan menggunakan tiga rem pada bentor, tingkat keamanan lebih tinggi.

“Untuk memberikan rasa aman kepada penumpang. Memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi pengemudi maupun penumpang,” tambahnya.

Mahasiswa angkatan 2014 ini berharap sistem bermanfaat bagi semua kalangan tukang bentor maupun masyarakat. Tingkat keamanan juga semakin tinggi dalam berkendara.

“Sistem rem cakram ini diterapkan disemua bentor, dan semoga dengan adanya sistem ini, mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan bentor karena pengereman yang kurang maksimal,” harapnya. (*)