Mahasiswa Asal Bulukumba Ini, Akan Tampil Di FKI Surabaya

0
241
views

Pemuda asal Bulukumba kembali menorehkan prestasi di kancah nasional dalam bidang seni. Ilham Satriawan yang akrab disapa Ilham, Mahasiswa Institute Seni Indonesia, Denpasar, Program Studi Seni Murni, menjadi salah satu seniman yang akan dipamerkan karyanya pada Festival Kesenian Indonesia (FKI).

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 7-9 juli 2018 ini, ilham pamerkan karya lukisan abstrak yang mengangkat tema “Transmigration”. Berangkat dari pengalaman terhadap lingkungan sekitar dengan anggapan bahwa keindahan selalu ada dalam kehidupan keseharian kita, baik itu yang bersifat abstraksi ataupun riil. Pelukis mencoba menuangkan kegelisahannya lewat garis yang spontan dan warna-warna yang terkesan cerah.

Dalam karya yang berjudul  Transmigration ini pelukis beranggapan bahwa Transmigrasi bukan hanya perpindahan yang bersifat fisik belaka melainkan juga perubahan pola pikir (psikologi). Dengan bantuan konsep-konsep psikoanalisis freud dapat diurai bahwa dalam karya ini pelukis ingin mengajak para penikmat untuk melupakan sejenak pemikiran-pemikiran yang kadang menyesatkan dan mendahulukan pengalaman cita rasa dan tanggapan dalam menilai keindahan tanpa dengan muatan logika.

Judul karya : Transmigration

Ukuran karya : 120 x 110 cm

Acrylic on canvas 2018

“Dalam Karya ini saya beranggapan bahwa di zaman yang era post ini ,mayoritas masyarakat masih mendahulukan hal-hal yang bersifak fisik. Sebagai contoh  masalah kejiwaan yang masih dipandang remeh .Transmigrasi bukan hanya sekedar perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lain melainkan perubahan pola pikir yang sangat besar dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Kesadaran dalam menilai sesuatu yang bersifat abstrak inilah yang menjadi akar utama dalam penciptaan karya seni lukis yang berjudul Transmigration ini”. Jelas Ilham.

Ilham yang juga pernah kuliah di UIN Alauddin Makassar dan menjadi anggota UKM eSA UIN Alauddin ini tidak menyangka akan terpilih menjadi peserta dikegiatan para penggiat seni seluruh indonesia. “tidak pernah terbayang akan kesana dan ini sangat membanggakan bagi saya karena menjadi peserta di suatu tempat bertemunya para seniman indonesia, doakan saya bisa sukses”. Tutup Ilham pemuda kelahiran Bulukumba 2 Maret 1994.