KPPU Gandeng Dekopin Pengawasan kemitraan Koperasi

0
54
views

Garis- tengah.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengajak keterlibatan Dewan Koperasi  Indonesia dalam kerjasama pelaksanaan pengawasan kemitraan koperasi.  Ketua KPPU, M. Syarkawi Rauf mengatakan, saat ini KPPU telah membentuk satgas kemitraan untuk melihat kebijakan dari pusat dan daerah, yang akan dianalisa oleh KPPU untuk memberikan rekomedasi sampai penegakan hukum.

”Bila koperasi merasa didiskriminasi, atau terhambat masuk ke pasar maka KPPU bisa melakukan advokasi, terkait kebijakan atau ada perusahaan besar yang menghambat ke konsumen karena penentuan harga, menghalangi pasar dll, KPPU bertugas untuk melakukan penegakan hukum. Karena itu KPPU dan Dekopin bisa bekejasama dalam pegawasan kemitraan koperasi.”ujarnya dihadapan peserta Rakernas Dekopin, (22/2) di Clarion Hotel Makassar.

KPPU telah menggandeng Kementerian Koperasi dan UMKM dalam pengawasan KUMKM dan diharapkan pula keterlibatan dekopin sehingga  kerja – kerja sosialisasi, monitoring, evaluasi sampai dengan penegakan hukum di bidang kemitraan menjadi lebih fokus. Saat ini banyak terjadi penyalahgunaan posisi tawar dominan oleh perusahaan besar ke perusahaan kecil dan koperasi, tambahnya.

Ketua umum Dekopin, HM. Nurdin Halid menyambut baik sinergi KPPU dan Dekopin dalam pengawasan kemitraan usaha. Dikatakannya, dirinya menjadi salah satu inisiator lahirnya KPPU pada tahun 1999. “Dibentuknya KPPU karena pemerintah tidak menjalankan amanat UUD 1945 dalam rancang bangun perekonomian. Ekononomi  tumbuh, tapi kesenjangan cukup tinggi. Amanat konstitusi adalah demokrasi ekonomi,  tapi implemenatsinya ekonomi neilibberal,” ujarnya.

Ditambahkannya, kerjasama KPPU dan Dekopin akan lebih efektif karena Dekopin punya perangkat instruktif dari pusat sampai ke Kabupaten kota melalui Dekopinwil dan dekpinda,serta pemandu yang bisa mejadi mitra KPPU.  Nurdin Halid berharap  penandatangan Mou kemitraan Dekopin-KPPU adan dilaksnakan pada puncak hari Kperasi nasional (Harkopnas) ke 70 pada tanggal 12 Juli 2017 di Makassar.(bui)

 

Citizen Reporter : Bahrul Ulum