Komunitas Jalur Dua : Gerakan Pemuda Dalam Konteks Kekinian

0
63
views

Garis-Tengah.com, Kegiatan diskusi yang dilaksanakan oleh Komunitas Jalur dua pada tanggal 13 tajuari 2017 yang bertempat di Kedai Pojok Adyaksa, dengan tema “Gerakan Pemuda dalam Konteks Keninian” dihadiri puluhan Pemuda dan mahasiswa dari beberapa kampus di makassar.

Diskusi yang dibawakan oleh Fachri Djaman selaku Tokoh pemuda dan sekaligus penggiat literasi ini berlangsung mulai pukul 20.00 Wita hingga selesai pada pukul 23.30 Wita, meskipun kegiatan diskusi ini molor hingga 1 jam dikarenakan hujan deras, kegiatan ini tetap berlangsung dengan lancar.

Dalam memulai diskusi, Fachri Djaman memaparkan kepada peserta diskusi tentang fase-fase gerakan pemuda yang telah terjadi di Negeri ini, dimulai dengan bagaimana gerakan pemuda menjadi awal perlawanan terhadap penjajahan kolonialisme, jatuhnya soekarno, runtuhnya orde baru, hingga gerakan-gerakan pemuda pasca reformasi sampai saat ini.

Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas

Dalam berlangsungya diskusi beberapa peserta mencoba berpendapat tentang gerakan pemuda saat ini, diantaranya Ruslan anwar selaku anggota komunitas Jalur Dua mengatakan bahwa gerakan pemuda saat ini sifatnya momentum  yang hanya melakukan aksi ketika ada peringatan atau isu yang besar saja. ditambahkan juga bahwa sosial media yang harusnya menjadi media pemersatu pemuda seindonesia dan media propaganda pemuda dalam membangun kesadaran masyarakat nyatanya belum bisa disadari banyak pemuda saat ini. sosial media kebanyakan hanya digunakan untuk eksis dan curhat semata, Tambahnya.

Di akhir diskusi, Fachri Djaman mengajak seluruh peserta untuk terlibat aktif dalam masyarakat, lembaga kemahasiswaan dan komunitas komunitas pemuda sebagai langkah  membangun bangsa ini untuk lebih baik lagi.

Author : Komunitas Jalur Dua