Komunitas Aksara Merdeka menggelar workshop citizen journalism

0
89
views

Garis-tengah.com – Makassar, komunitas Aksara Merdeka menggelar workshop citizen journalism (jurnalisme warga) di warkop SS jl.Tamalate Raya, Minggu (30/07/2017)

Komunitas yang bergerak dalam bidang literasi ini mulai giat melakukan pembinaan kepada seluruh anggotanya agar mampu memahami dan cerdas dalam menyaring berita. Dalam kegiatan ini, komunitas Aksara Merdeka menghadirkan Muh.Ismail (Dewan Pers UKPM UNHAS) sebagai narasumber. Dalam kesempatannya, Muh.Ismail menyampaikan bahwa saat ini budaya baca masyarakat sangat minim, maka kegiatan pembinaan terhadap masyarakat untuk cerdas dalam mengkonsumsi berita adalah tanggung jawab kita sebagai generasi muda. Hal paling penting dalam pemberitaan adalah verifikasi yang harus jelas dengan ditunjang berbagai data yang sesuai.

Istilah citizen journalism (jurnalisme warga) mulai dikenal seiring dengan perkembangan teknologi dan mudahnya akses masyarakat dalam menyampaikan berita.

Fahri Djaman sebagai salah satu peserta sekaligus perwakilan dari komunitas Pecandu Aksara menambahkan, “Dunia berita hari ini mengalami banyak penurunan, sebab penulisan berita hanya berbasis 5W+1H. Banyak Pewarta yang melupakan tiga unsur pokok dalam penulisan berita, aspek historis, aspek psikologi sosial dan aspek empiris.

Baca Juga :  Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia; DDV Gelar Semarak Kemerdekaan

Sementara Iswandi selaku anggota komunitas Aksara Merdeka menuturkan “kegiatan semacam ini tentunya sangat membantu kami dalam memahami setiap problem yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Kami berharap dengan adanya workshop citizen journalism ini dapat membantu kita untuk memberantas berita-berita yang tidak sesuai dengan kondisi ril atau hoax”.

“Aksara Merdeka yang baru berdiri pada 23 April lalu tentunya tidak akan berhenti sampai di sini saja, tetapi akan terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan yang terbaik bagi generasi bangsa. Kami akan tetap konsisten di tengah maraknya penyebaran berita-berita hoax dan tentunya akan terus bekerja sama dengan berbagai komunitas yang memiliki visi sama.

 

*Bang O