Kemenko Maritim Helat Kuliah Umum di UNM

0
62
views

garis-tengah.com – Makassar, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) mengadakan kuliah umum Senin (11/9/2017).

Kuliah umum yang diadakan di Ballroom Lantai II Gedung Pinisi mengangkat tema Optimalisasi Potensi Lokal melalui Pengembangan Pariwisata dan Peningkatan Produktivitas Masyarakat
Kegiatan tersebut menjadi salah satu agenda dalam rangka pelepasan delegasi UNM untuk Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ).

Pelepasan Mahasiswa UNM untuk ENJ dilakukan secara simbolik yakni pemakaian topi dan slayer untuk dua orang delegasi oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Asisten Deputi Bidang Pelatihan dan Pendidikan Maritim.

Dalam kuliah umum ini dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Pelatihan dan Pendidikan Maritim, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Kepala Sub Bagian Minat Bakat dan Penalaran dan sejumlah perwakilan Lembaga Kemahasiswaan dilingkup UNM.

Dalam sambutannya Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Bapak Drs. H. Arifuddin Usman, M.Kes mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ini.

“Kegiatan kemahasiswaan ini lahir dari ide yang luarbiasa sekalipun sudah ada pusat dari yang memberikan jalan. Tetapi tanpa kreativitas kegiatan ini tidak akan berjalan.” Ucapnya.

Bapak Arifuddin lebih lanjut mengatakan bahwa harapan dengan berangkatnya ke tujuan itu kalian mampu memberikan manfaat dan menggali potensi yang ada disana.

Sambutan selanjutnya dari Asisten Deputi Bidang Pelatihan dan Pendidikan Maritim Bapak Dr. Tb. Haeru Rahayu, S.Pi, M.Sc mengatakan pertama salam takjim dari Pak Luhut Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Kemudian beliau sangat semangat dalam mengunjungi UNM karena mempunyai semangat untuk membangun.

Baca Juga :  Mahasiswa FIS UNM Terpilih Sebagai Komandan Baru MENWA UNM

“Pak aji walaupun saya asli banten saya sudah mengenal wilayah Makassar, saya pernah mengunjungi Pulau Kodingareng Keke, Samalona, Barang Lompo, dan Lae-lae” imbuhnya
Ia pun berharap agar kiranya pulau yang ada di Makassar untuk tetap dirawat utamanya dari sampah.

Rangkaian acara selanjutnya yakni Kuliah Umum mengenai Kemaritiman dan Pariwisata.

Dalam kuliahnya bapak yang akrab disapa Pak TB mengatakan bahwa potensi Ekonomi Maritim Indonesia mencapai US$ 1,33 Triliun per tahunnya. Hal ini bisa ditingkatkan apabila semua pelabuhan yang ada di Indonesia itu diperbaiki agar kapal-kapal besar bisa masuk.

“Kondisi pelabuhan kita itu mempunyai kedalaman 4 meter. Sehingga kapal besar tidak akan masuk karena nanti akan tersangkut”. Ungkapnya

Selain sektor Maritim Indonesia juga punya Pariwisata untuk meningkatkan ekonomi. Beliau mengungkapkan bahwa Potensi Pariwisata dari tahun ke tahun mempunyai tren yang terus meningkat ketimbang potensi indonesia yang lain.

Kegiatan kuliah umum diakhir oleh sesi foto bersama delegasi dan narasumber.