KEKERASAN AKADEMIK DI RUANG SEMINAR

0
42
views

Garis-tengah.com– Makassar, Puluhan mahasiswa yang terdiri dari dua angkatan di salah satu program study Univeritas Negeri Makassar kembali mengalami tindak kekerasan akademik oleh oknum dosen yang tidak bertanggung jawab. Puluhan mahasiswa ini terpaksa mengikuti salah satu seminar sebagai pengganti mata kuliah yang diajarkan oleh oknum dosen tersebut.

Salah satu mahasiswa program study tersebut menyatakan bahwa keikutsertaan mahasiswa dalam seminar kali ini bukan atas dasar keinginan pribadi melainkan sebagai syarat terpenuhinya nilai akhir pada salah satu mata kuliah. Seminar ini adalah pengganti mata kuliah A. Kami  diharuskan membeli tiket seminar sebesar Rp.5.000 tersebut untuk mendapatkan nilai, tambahnya.

Kasus seperti tidak jarang  lagi kita temui di berbagai  kampus, sehingga kondisi seperti ini sudah dianggap wajar oleh sebagian besar orang. Menyangkut pautkan mata kuliah dan kegiatan-kegiatan diluar dari perkuliahan tidak dapat dibenarkan. Hal ini pula yang dijadikan peluang untuk meraup keuntungan oleh oknum-oknum tertentu.

Sementara A.M mengatakan bahwa tindakan semacam ini sudah berada di luar prosedur proses belajar mengajar. Terlebih lagi karena mengandung unsur paksaan dan menggunakan absensi mata kuliah. Mata kuliah yang digantikan juga tidak ada kaitannya dengan seminar yang digelar. A.M juga menambahkan bahwa bukan seminarnya yang kami permasalahkan, tetapi prosedur belajar  mengajar yang tidak sesuai itu yang kami persoalkan. Harapan kami, semoga hal-hal seperti ini tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

 

Reporter : Bang O