Donasi Buku SM3T Untuk Sangihe

0
53
views

Garis-Tengah.com – Guru SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) 2016 angkatan VI penempatan wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe mengadakan kegiatan donasi buku bertajuk “1001 Buku untuk Sangihe”. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh guru SM-3T Kabupaten Kepulauan Sangihe, selain dari program mendidik dan pengabdian di masyarakat selama satu tahun.

Kegiatan ini terbuka untuk umum di seluruh wilayah Indonesia mulai bulan Februari hingga Juni tahun 2017. Sasaran donasi buku ini untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan buku di Kepulauan Sangihe”, ungkap Rena selaku koordinator acara.

salah satu faktor utama diadakannya program 1001 Buku untuk Sangihe, adalah kurangnya buku sebagai sumber belajar. Sehingga menjadi penghambat proses pembelajaran siswa-siswi di sekolah. Faktor lainnya adalah guru yang tak memiliki buku sebagai bahan ajar di sekolah atau edisi buku yang sudah tidak sesuai dengan kurikulum terbaru. Selain itu, beberapa sekolah tidak memiliki perpustakaan turut menjadi pertimbangan untuk diadakannya kegiatan ini.

Pihak panitia pun telah membuka posko hampir diseluruh pulau di Indonesia untuk mempermudah pengumpulan disetiap wilayah. Namun panitia pelaksana mengalami kendala pada ongkos kirim buku menuju Kepulauan Sangihe. “Kami membutuhkan bantuan dana atau jasa untuk bisa mengangkut buku-buku dari posko di seluruh wilayah”. Harap Nasrullah selaku ketua.

Baca Juga :  Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia; DDV Gelar Semarak Kemerdekaan

Tak hanya buku yang didonasikan, pihak panitia pun akan membangun perpustakaan mini bagi sekolah yang tidak memiliki perpustakaan sebagai akhir dari rangkaian kegiatan 1001 Buku untuk Sangihe.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menambah sumber belajar siswa dan bahan ajar guru untuk beberapa sekolah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, membantu pemerataan distribusi buku, meningkatkan minat baca siswa-siswi yang bersekolah di Kepulauan Sangihe, dan pada akhirnya mampu mewujudkan program ‘Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia’ dalam peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan di Indonesia,” pungkas Nashrulloh.

 

Info:

Donasi 1001 buka untuk sangihe dapat dikirimkan ke alamat sebagai berikut:

Rena (SM3T) Kantor Pos Cabang Tahuna d.a Bapak Herman Manapode Jl. Raramenusa 95858 No. Hp. 081311661143.

Atau,

Donasi berupa uang bisa ditransfer ke :

Bank BRI a.n Indri Widhiastuti

No.Rek: 008001061717501

Bank BNI a.n Rena Ekahayati

No.Rek: 0280295333

 

CP : 081242577004 (Arul)

081311661143 (Rena)

–REPORTER: DEDI ASKARI–