Birokrat Batasi Ruang Berekspresi, Sosok Joker Muncul di UKI Paulus Makassar

0
2251
views

Garis-tengah.com – Ada suasana yang tidak biasa menghiasi pelataran kampus UKI Paulus Makassar, kali ini hadir sosok mahasiswa menggunakan pakaian Joker memegang kotak hitam, sembari meneriakkan “Paket Hitam”, Rabu (24/10).

Sosok Joker lebih identik sebagai lawan Batman, namun kali ini Joker yang hadir di kampus UKI Paulus Makassar melakukan aksi teatrikal atas aturan Pedoman Organisasi Kemahasiswaan yang membatasi ruang berekspresi.

Sesuai informasi yang dihimpun, yang memprakarsai hadirnya sosok Joker dalam kampus UKI Paulus ialah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Pancoran. Dan aksi teatrikal ini tidak hanya di isi oleh joker saja, tampak terlihat beberapa mahasiswa membangun tenda, berpakaian seadanya, dan lain-lain.

“Kami melaksanakan teatrikal ini karena bahaya laten pembatasan ruang berekspresi dalam kampus, dengan hadirnya aturan Pedoman Organisasi Kemahasiswaan. Jawaban dari teatrikal ini ada dibalik kotak hitam ini,” ujar pemeran joker yang enggan disebutkan namanya.

Seperti yang dikutip dari kata-kata Joker dalam film Batman “dalam momen-momen terakhir, orang-orang akan menunjukkan kepada anda siapa mereka sebenarnya”. Dibalik senyuman lebar joker, ada tangisan ketidakadilan yang dirasakannya.(lex)