Berantas Buta Aksara, Komunitas Aksara Merdeka dan UKM Mart Tidung Gelar Lapak Baca

0
58
views

Garis-tengah.com – Komunitas Aksara Merdeka bekerja sama dengan UKM Mart Tidung menggelar lapak baca di teras UKM Mart Tidung (depan kampus UNM Tidung). Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memberantas buta aksara yang masih bercokol di Kota Makassar.

Lapak baca yang terbuka mulai pukul 10.00 WITA-18.00 WITA setiap hari. “Lapak baca ini sengaja kami buka untuk umum agar semua kalangan dapat mengakses bacaan dengan mudah.  Buku-buku yang kami sediakan juga variatif, mulai dari buku-buku religious, romance, sosial, politik dan berbagai buku genre komedi juga tersedia di lapak kami,” ujar Nur Afni, koordinator UKM Mart Tidung, 12 Mei 2017.

Perempuan 26 tahun ini menambahkan “fasilitas yang kami sediakan juga cukup menarik, mulai dari tulisan dinding, gambar, meja dan kursi untuk bersantai. Kami juga menyediakan air mineral gratis untuk pengunjung lapak kami. Selain itu pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai cemilan, minuman dan fasilitas lain dengan mudah dan dengan harga yang lebih murah.”

Sementara itu, Hardianti Hajra selaku sekretaris umum komunitas Aksara Merdeka mengatakan “lapak baca yang kami laksanakan ini adalah salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan minat baca-tulis masyarakat. Hal ini tentunya tidak terlepas dari orientasi komunitas kami yang bergerak di bidang literasi. Kami sengaja menyediakan tempat untuk lapak baca ini dengan konsep yang cukup ramah. Selain itu, tempat lapak kami juga dapat diakses dengan mudah kami telah menyiapkan background menarik untuk mengabadikan gambar”.

Baca Juga :  Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia; DDV Gelar Semarak Kemerdekaan

“Harapan kami, sekiranya lapak baca ini mendapat perhatian bagi seluruh kalangan, terkhusus bagi pemerintah setempat, mengingat kami masih minim jumlah buku, khususnya buku-buku yang berkaitan dengan anak-anak. Mulai bulan depan kami juga akan menggelar bazar buku setiap bulannya”, lanjut Gadis kelahiran Kota Sinjai ini.

Lapak baca ini juga di support oleh beberapa pihak untuk pengadaan buku, seperti Pustaka Al-Fahmul Afni, Pustaka Bang “O”, Mappangaja Amir dan beberapa contributor secara individu. Pustaka ini juga membuka peluang bagi semua kalangan untuk berkontribusi dalam bentuk apapun.

 

 

Citizen Reporter: Bang “O”