Belajar Coding Lewat Game Grasshopper

0
38
views

Garis-tengah.com – Divisi inkubator Google yang bernama Area 120 mengembangkan sebuah aplikasi game untuk belajar coding yang bernama Grasshopper. Nama Grasshopper sendiri sebenarnya merupakan pelesetan dari Grace Hopper, salah satu pionir di bidang programming. Aplikasi ini bakal mengajarkan dasar-dasar coding dengan metode yang menyenangkan, kurang lebih seperti pendekatan yang diambil Duolingo dalam mengajarkan bahasa asing.

Bahasa pemrograman yang dipakai Grasshopper adalah JavaScript, yang dinilai cukup banyak digunakan oleh kalangan developer. Pada awalnya, pengguna bakal diajari konsep-konsep dasar pemrograman, sebelum akhirnya menguji pemahamannya lewat sejumlah kuis.

Setelah meyelesaikan kuis, tahap selanjutnya disebut “fundamental”. Di tahap ini pengguna akan mempelajari fungsi, membuat variabel, mengontrol alur kode, dan sebagainya menggunakan JavaScript. Tahap ini akan dipelajari melalui media permainan puzzle.

Puzzle pertama adalah menggambar bendera negara Perancis yang berbentuk vertikal menggunakan coding. Dilanjutkan dengan menggambar bendera negara Gabon yang berbentuk horisontal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Setelah menyelesaikan game, pengguna bisa melihat berapa konsep atau tahapan yang telah berhasil dicapai dan berapa kunci JavaScript yang telah digunakan.

Aplikasi tersebut juga menawarkan penggunanya untuk menjadwalkan pelatihan, bisa setiap hari atau hanya beberapa hari dalam seminggu.

Dikutip dari TechCrunch bahwa aplikasi ini sudah diuji secara tertutup, dan hingga kini sudah ada setidaknya lebih dari 5.000 orang yang ‘lulus’. Lebih dari separuhnya mengaku merasa termotivasi untuk belajar coding lebih lanjut, dan sebagian dari mereka ini bukanlah orang-orang yang rutin mengikuti perkembangan teknologi sebelumnya.

Aplikasi ini juga telah tersedia di PlayStore dan AppStore dan dapat diunduh secara cuma-cuma. Ke depannya Area 120 berencana menambahkan lebih banyak konten, namun sejauh ini belum ada rencana untuk menyentuh bahasa pemrograman lain.