APAKAH INDONESIA SUDAH MERDEKA?

0
59
views

Garis-tengah.com – Opini, Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia terlepas dari cengkraman penjajah setelah Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sejak dari hasil perjuangan itulah bangsa Indonesia bebas dari beban setelah  kurang lebih dari 350 tahun bangsa Indonesia di jajah.

Kini kemerdekaan bangsa Indonesia sudah mencapai 72 tahun , namum kehidupan rakyat Indonesia masih jauh dari kata sejahtera, hanya pihak tertentu saja yang merasakan kesejahteraan itu dan hutang Indonesia semakin banyak . Apakah kemerdekaan Indonesia ke 72  tahun ini sudah membuat bangsa Indonesia merdeka seutuhnya?

Berbicara tentang kemerdekaan, sebuah bangsa dikatakan merdeka bukan sekedar hanya bebas dari cengkraman imperialisme dan kolonialisme penjajah saja, tetapi Esensi kemerdekaan sesungguhnya adalah tiada lagi rakyat yang kelaparan menjalani hidup dalam keadaan sulit dan sangat memperihatinkan.

Rakyat yang hidup di sebuah negara merdeka seharusnya dapat menikmati kehidupan dan pendidikan yang lebih baik ,  Bahkan kemerdekaan mempunyai arti yang berbeda bagi setiap rakyat di Indonesia ini, ada yang mengartikan kemerdekaan itu adalah bebas dari penjajahan, bebas dari perbudakan, bebas dari penyiksaan, atau lain sebagainya.

Oleh karena itu kemerdekaan harus dirayakan yaitu dengan mengingat kembali cita-cita bangsa Indonesia, melihat dan dapat mengukur apa yang dirasakan pada hari ini. Jika dibandingkan dengan cita-cita bangsa Indonesia secara tertulis di Undang-Undang Dasar (UUD) dan melihat kondisi sebelum diamandemen maupun sudah diamandemen, sudahkah kita bertanya, “Apakah cita-cita bangsa Indonesia sudah tercapai?”

Karena  kemerdekaan ini harus dijadikan bahan renungan oleh seluruh warga negara Indonesia. Disamping melakukan perayaan yang bersifat formal seperti upacara 17 Agustus dan ada juga melakukan perlombaan tetapi setiap warga negara Indonesia harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab bahwa perjuangan belumlah selesai. Masih ada janji-janji kemerdekaan yang belum terwujud. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama berjuang. Kita kawal pemerintahan hari ini untuk mewujudkan  Indonesia yang berintegritas . Sekali merdeka dan tetap MERDEKA

 

M.SUTANTO IDRIS

Kader Himpunan Mahasiswa Islam