Aliansi Orange Menggugat: Cabut Surat Edaran Pembantu Rektor III UNM

0
120
views

Makassar, Garis-tengah.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (BEM UNM) bersama dengan lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas yang tergabung dalam aliansi orange menggugat melakukan aksi demonstrasi di pelataran gedung phinisi (14/9).

Ribuan massa aksi memadati pelataran gedung phinisi. Beberapa varian aksi seperti orasi, pembacaan puisi dan juga aksi teatrikal ikut mewarnai aksi demonstrasi tersebut.

Aliansi orange menggugat mengangkat grand isu cabut surat edaran nomor: 3883/UN36/TU/2017 tentang larangan mahasiswa baru untuk mengikuti seluruh kegiatan lembaga kemahasiswaan selama semester 1 dan 2.

Selain grand isu, aliansi orange menggugat juga memiliki tuntutan yang lain, diantaranya:
1. Secepatnya menurunkan pembiayaan nominal UKT sebesar 50% dari UKT yang dibayarkan bagi mahasiswa yang telah melewati semester 8 dan mahasiswa program diploma yang telah melewati semester 6.
2.  Mencabut surat nomor 3115/UN36/TU/2017 mengenai masa studi dan pembayaran UKT mahasiswa bidikmisi dan UKT nol yang dimana mahasiswa UKT nol tetap berada pada UKT nol serta mahasiswa bidikmisi yang dilepas beasiswanya mendapatkan UKT nol.
3. Memberikan lampiran penggolojhan UKT untuk mahasiswa angkatan 2017 kepada aliansi.
4. Memberikan rincian transparansi dana PKKMB dan denda keterlambatan pembayaran SPP/UKT.

Baca Juga :  Ini Cara Supaya UMKM Bisa Naik Kelas

Lembaga kemahasiswaan yang tergabung dalam aliansi orange menggugat diantaranya BEM Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), BEM Fakultas Ilmu Sosial (FIS), BEM Fakultas Ekonomi (FE), BEM Keluarga Mahasiswa (KEMA) Fakultas Psikologi (Fpsi), BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), BEM Fakultas Teknik (FT), BEM Kema Fakultas Seni dan Desain (FSD), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Keolahragaan dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Kepelatihan.