Aliansi Masyarakat Bara-barayya Menolak Penggusuran

0
36
views

Garis-tengah.com – Makassar, selasa 20 februari 2017.  Aliansi Masyarakat Bara-barayya melakukan aksi unjuk rasa menolak penggusuran yang dilakukan oleh TNI AD terhadap empat kelurahan di Bara-barayya. Penggusuran ini mengusir sekitar 200 Kepala Keluarga dari tempat tinggalnya.

Titik aksi bermula di kantor pertanahan kota Makassar kemudian dilanjutkan ke kantor DPRD Provinsi SUL-SEL dan berakhir di kantor camat Kecamatan Makassar.

Aksi yang di lakukan oleh ratusan warga bara-barayya ini berjalan damai, meskipun matahari terik tapi para demonstran tetap semangat menyampaikan aspirasinya. Pembacaan penggalan ayat suci Al Quran lalu diterjemahkan mewarnai varian aksi di kantor DPRD. Meskipun telah lama warga bara-barayya tiba di kantor DPRD SUL-SEL namun ketua DPRD tidak menemui massa aksi.

Ippang selaku jendlap dalam aksi tersebut mengatakan ada keanehan dalam klaim TNI terhadap tanah rakyat ini, dan pihak Badan Pertanahan Nasional menyatakan Akte Jual Beli yg ada sama masyarakat bara-barayya itu sah. Selain itu TNI tidak punya urusan untuk ikut campur untuk menggusur rakyat, mereka tugasnya melindungi negara, mempertahankan NKRI bukannya malah menggusur.

Yatna Ramadhan