AKUMANDIRI LATIH UKM SUSUN BISPLAN

0
54
views

Garis-Tengah.com –  Asosiasi industri,usaha mikro,kecil dan menengah Akumandiri Sulsel melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Business Plan di Aula PLUT-KUMKM Sulsel,Jl Metro Tanjung bunga, Sabtu 11 Februari 2017. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan pihak Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan. Pelatihan yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang ada di Sulawesi Selatan ini dihadiri 50 orang peserta yang berasal dari beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan, Aryanti Aruji, mengapresiasi kegiatan ini. “Akumandiri telah membantu pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UKM di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Pelatihan yang berlangsung dengan interaktif ini juga membantu peserta membuat business plan dari usahanya. Pembuatan business plan dibimbing langsung oleh fasilitator dan pemateri yang telah dihadirkan. “Kami terus berupaya agar akumandiri sulsel dapat menjadi wadah dalam memfasilitasi pelaku UMKM menjadi pelaku usaha yang kuat dan handal,” ujar Bahtiar Baso, Ketua Asosiasi IUMKM (akumandiri) SulSel.

Pelatihan ini difasilitasi sekretaris Akumandiri Sulsel yang juga Konsultan PLUT,Bahrul ulum Ilham.Dikatakannya, dengan adanya business plan dapat membuat pelaku ukm mengetahui gambaran keseluruhan proses bisnis, serta berguna untuk menjaga bisnis tetap dalam visi serta misinya. “bagi investor,businees plan akan memperlihatkan apakah bisnis yang sedang direncanakan tersebut realistis untuk dijalankan.Seberapa cepat investasi yang ditanamkan akan mencapai break even point dan berapa lama pay back period dari bisnis yang direncanakan”,tambahnya.

Pelaku UKM menyambut baik dan sangat antusias.mengikuti pelatihan karena selain teori pengantar,juga dibarengi simulasi penyusunan business plan

Baca Juga :  Onvestasi Bantu Petani dan Peternak di Wajo Jalankan Usahanya